Selasa, 21 Januari 2014

ANTIOKSIDAN

Di era industry seperti saat ini, meningkatnya polusi dan pencemaran di lingkungan memberikan dampak negatif pada kesehatan yang disebabkan oleh banyaknya RADIKAL BEBAS dalam polutan yang ada.

Ada 3 macam ANTIOKSIDAN :
  • Premier: Galangin, Pinocembrin, Chrysin, Superoxide Dismutase Glutathione Peroxidase, Cacruloplasmin, Phenolic Acid, Flovonoid. Merupakan pertahanan tubuh utama melawan radikal bebas.
  • Sekunder: Vitamin E, C, B, Carotine dan jebakan oleh asam urat dan bilirubin. Menghambat radikal bebas sebelum mereka menyebabkan rusaknya susunan DNA dalam sel.
  • Tersier : Methionine sulphoxidereductase. Memperbaiki sel tubuh bila terjadi kerusakan akibat serangan radikal bebas terhadap suatu sel.

PENCEGAHAN & MEMPERCEPAT KESEMBUHAN
Madu, royal jelly, propolis dan pollen adalah produk yang sangat kaya antioksidan, sehingga bila dikonsumsi setiap hari dapat berfungsi untuk pencegahan dan penyembuhan berbagai macam penyakit. Hal ini seakan-akan menegaskan mengapa produk perlebahan tertentu dalam kitab-kitab suci dianjurkan kepada kita untuk mengkonsumsinya secara rutin.
Dari hasil di atas disimpulkan bahwa efektifitas 1gr propolis setara dengan 500 gr buah jeruk.

Mengingat kebiasaan banyak orang yang mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi dengan mengaharapkan perlindungan dari antioksidan tetapi banyak disertai dengan keluhan nyeri lambung dan gasthritis (sakit maag), maka produk perlebahan dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti. Apalagi mengingat produk perlebahan seperti pollen dan propolis tidak mempunyai efek samping.

Hasil di atas merupakan hasil analisis kimia Brasilian Propolis yang  banyak beredar di pasaran. Dimana berdasarkan analisis kimia, kandungan antioksidan primer justru tidak ada, sedangkan quecentin adalah zat antioksidan yang  dapat disintesa oleh laboratorium.

Hal  ini menyebabkan hasil yang dicapai dari mengonsumsi propolis dari CC Pollen Company dibanding propolis dari pabrik lain akan berbeda khasiatnya.



Berikut kami sertakan beberapa hasil penelitian para ahli mengenai keefektifitasan produk High Desert sebagai antioksidan :
National Center for Scientific Research, Clinical Biochemistry Department, Playa, La Habana, Cuba:
“Dalam penelitian didapatkan bahwa antioxidant dari propolis dapat melawan radikal bebas seperti alkoxy radical dan superoxide.

Antioxidant activity of propolis: role of caffeic acid phenethyl ester and galangin.
Source: Fitoterapia, 73 Suppl 1 (): S21-9 2002
“Propolis, produk alami yang dihasilkan lebah telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu untuk berbagai tujuan pengobatan. Extractnya mengandung asam amino, phenolic acids, phenolic acid esters, flavonoids, cinnamic acid, terpenes and caffeic acid. Berfungsi sebagai anti peradangan merangsang imunitas, antivirus dan antibakteri. Dalam hal ini aktifitas antioksidan dari propolis extract berupa caffeic acid phenethyl ester (CAPE) dan galangin Propolis extract menunjukkan hambatan pada radikal bebas xanthine oxidase, Free Radic Res, 36(6): 711-6 2002”

“Beberapa caffeic acid esters yang diisolasi dari propolis menunjukkan efek hambatan sebagai antioksidan di dapatkan juga bahwa caffeic acid anilides and the caffeic acid dopamine amide menunjukkan aktivitas antioxidant” Dalam jurnal medis Amerika yang berjudul Evaluation of Source Phytother Res, 16(4): 340-7 2002.
Didapatkan bahwa propolis ethanol extract bersifat antilipid peroxidative meskipun dengan dosis rendah.

Dalam American Journal medic

Effect of caffeic acid phenethyl ester, (CAPE) an antioxidant from propolis, on inducing apoptosis in human leukemic HL-60 cells.
Source: J Agric Food Chem, 49(11): 5615-9 2001
Didapatkan bahwa (CAPE) acid esters yang diisolasi dari propolis mengaktifkan apoptosis human leukemic HL-60 cells.

Dalam American Journal medic
Anti-genotoxicity of galanginas a cancer chemopreventive agent candidate.
Mutant Res, 488(2): 135-50 2001
Didapatkan bahwa galangin mempunyai kemampuan menghambat perkembangan sel kanker.


Antioksidan banyak terdapat pada:


LET YOUR FOOD BE YOUR MEDICINE
JADIKAN MAKANANMU SEBAGAI OBAT PENYEMBUH!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar